Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘btn syariah’

Baru-baru ini saya membuka Talangan Haji untuk kedua orang tua di Bank BTN Syariah. Prosesnya alhamdulillah mudah dan cepat. Kenapa pilih BTN Syariah? Karena saya sempat membandingkan dengan dua bank syariah lain, hasilnya: biaya ujroh BTN Syariah adalah yang paling ringan. Apa itu biaya ujroh? Keep reading πŸ™‚

Talangan HajiΒ  adalah pinjaman uangΒ  yang diberikan oleh bank untuk menggenapi tabungan haji nasabah, sehingga cukup untuk mendapatkan porsi haji di Departemen Agama. FYI, tahun 2012 ini setoran awal BPIH(Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang harus kita setor ke depag untuk mendapat porsi haji adalah sebesar Rp.25.000.00o. Belum punya uang segitu? Di sinilah fungsi talangan haji.

Mengapa harus pakai talangan haji segala? Kenapa nggak nunggu aja sampai saldo kita cukup?
Berikut alasannya:
1. Masa tunggu berangkat haji yang semakin panjang. Untuk kota batam saja, mendaftar haji tahun 2012, porsi hajinya adalah untuk keberangkatan tahun 2021. Lama nian! Itulah sebabnya kita butuh dana talangan dari bank, sekedar untuk mendapat porsi agar tahun keberangkatan tidak semakin lama.
2. Talangan haji akan ‘memaksa’ kita untuk rajin menabung. Bisa jadi tanpa pinjam talangan haji pun kita sanggup menabung beberapa tahun ke depan untuk naik haji. Tapi, karena tidak ada deadline, biasanya menabung jadi tidak rutin dan malas-malasan. Talangan haji dijamin mampu ‘memaksa’ kita untuk rutin menabung lantaran sudah ‘kadung’ pinjam ke bank. Lebih-lebih ada jangka waktu pembayaran yang jika tak lunas maka porsi haji dibatalkan.

Mau naik haji kok ngutang? Apa kata dunia?
Hehe. Di sinilah butuh kearifan kita sebagai muslim yang berniat naik haji. Sebelum mengambil talangan haji, pastikan kita memiliki penghasilan yang cukup untuk mengangsur tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari. Lebih tepat lagi jika anda sebetulnya memiliki harta tapi tidak dalam bentuk simpanan uang, melainkan dalam bentuk aset lain seperti emas atau tanah.

Btw, sebenarnya kurang tepat juga kalau dikatakan talangan haji = berhutang untuk berhaji. Kenapa? Karena talangan haji harus sudah lunas sebelum berangkat haji. Artinya ketika berangkat haji kita sudah tidak punya hutang. Talangan haji hanya berfungsi sebagai penolong untuk mendapatkan porsi haji. Akur?

Saatnya bicara produk. Maksimal dana talangan haji yang bisa diberikan oleh BTN Syariah adalah Rp.24.500.000. Jangka waktu pengembaliannya maksimal 5 tahun. Berikut tabel angsurannya:

Angsuran Talangan Haji

Persyaratan untuk mendapatkan talangan haji BTN Syariah adalah sebagai berikut:
1. Membuka tabungan haji BTN iB dengan saldo minimum Rp.100.000.
2. Membawa persayaratan administratif, terdiri dari:
– Fotocopy KTP
– Fotocopy Kartu Keluarga
– Fotocopy Buku Nikah
– Fotocopy NPWP
– Surat Keterangan Kerja dan slip gaji 3 bulan terakhir, atau
– Catatan penghasilan bagi yang berwirausaha
– Materai Rp.6000 sebanyak 8 lembar

Selama jangka waktu angsuran, nasabah juga akan dikenakan Ujroh atau biaya administrasi. Ujroh ini dikenakan sekali setahun, yakni pada tanggal akad dan setiap ulang tahun tanggal akad. Berikut besaran ujrohnya:

Biaya Ujroh

 

Contoh Kasus:
Saya memiliki dana 10.000.000 di dalam tabungan haji dan berniat meminjam talangan haji kepada BTN Syariah, maka;
– Rp.1.650.000 menjadi setoran ujroh tahun pertama
– Rp.8.000.000 menjadi modal saya untuk mendapat porsi haji
– dan bank akan memberi talangan sebesar Rp.17.000.000 untuk menggenapkan modal saya menjadi Rp.25.000.000 agar bisa mendapat porsi haji di depag.

Selanjutnya, kewajiban saya adalah mengangsur Rp.17.000.000 tersebut dalam jangka waktu yang sayapilih; 1 sampai 5 tahun. Semakin panjang jangka waktu yang saya pilih, semakin ringan angsurannya. Tapi saya akan semakin sering membayar ujroh tahunan. Sementara, semakin pendek jangka waktu pengembalian, saya memang terhindar dari biaya ujroh berkali-kali, tapi jika sampai tanggal jatuh tempo saya tidak bisa melunasi, maka talangan haji akan dibatalkan, yang berarti porsi haji saya juga batal. 😦

Solusinya?
Pilih saja jangka waktu pengembalian paling panjang; 5 tahun. Toh tahun keberangkatan haji rata-rata sudah di atas 5 tahun. Saya pun bisa leluasa mengangsur tanpa khawatir kehilangan nomor porsi. Dan jika, berkat rezeki berlebih dari Allah, saya bisa melunasi talangan haji tersebut dalam 2 tahun, maka saya tidak akan dikenakan lagi biaya ujroh untuk tahun ke-3 hingga seterusnya. Asyik kan?

Sudah faham kan? Sekarang yuk tinggal bulatkan niat, sempurnakan ikhtiar. Semoga Allah memudahkan langkah kita menuju rumahNya. Aamiin. πŸ™‚

Read Full Post »

Anda ingin menabung tapi bingung bank mana yang menguntungkan dan halal? Izinkan kali ini saya memberi rekomendasi. πŸ™‚

Menabunglah di Bank BTN Syariah. Bank yang merupakan unit usaha Bank BTN ini memiliki dua produk tabungan yang menarik. Selain itu, bagi anda yang muslim menabung di bank syariah tentunya membuat anda lebih tenang karena bebas riba.

BTN Syariah punya dua produk tabungan unggulan, yaitu; Tabungan Batara iB dan Tabungan Investa Batara iB. Kedua tabungan ini dibedakan oleh akad yang digunakan.

Tabungan Batara iB menggunakan akad Wadi’ah atau titipan. Jadi prinsipnya; anda menitipkan uang ke BTN Syariah, sementara BTN Syariah menyimpan titipan uang anda. Karena akadnya titipan, anda tidak akan mendapatkan keuntungan bagi hasil dari uang yang anda titipkan. Tapi bank boleh dan berhak memberikan bonus atas tabungan yang anda titipkan dengan nominal yang tidak dijanjikan oleh bank.

Keuntungan tabungan Batara iB?
Bank sebagai tempat penitipan tidak akan mengenakan biaya administrasi bulanan atas uang titipan anda. Jadi saldo tabungan anda tidak akan pernah dipotong biaya administrasi seperti pada bank-bank konvensional. Sebaliknya saldo anda akan terus bertambah karena beroleh bonus.

Produk tabungan kedua adalah Tabungan Investa Batara iB. Tabungan ini menggunakan akad mudharabah(bagi hasil). Jadi anda sebagai pemilik harta(shahibul mal) prinsipnya menginvestasikan harta anda ke BTN Syariah selaku pengelola harta(mudharib). BTN Syariah kemudian akan mengelola harta tersebut sehingga menghasilkan keuntungan. Keuntungan ini lalu dibagihasilkan antara Mudharib dengan Shahibul Mal.

Nisbah bagi hasil tabungan Investa Batara iB adalah 52:48. Saya tanya customer service BTN Syariah, equivalent ratenya saat ini setara 4,7%. Tertinggi lho di antara bank-bank syariah lain.

Setiap bulannya tabungan Investa Batara iB mengenakan biaya administrasi sebesar Rp.7500. Tapi menariknya biaya administrasi tidak akan pernah memotong saldo anda, melainkan hanya memotong dari bagi hasil. Misalnya bulan ini tabungan anda memperoleh bagi hasil Rp.6000, maka hanya Rp.6000 itulahΒ  yang dipotong. Rp.1500 lagi tidak akan dipotong dari saldo utama. Beda banget kan sama tabungan di bank-bank konvensional itu? πŸ˜›

Saya sendiri sudah setahun lebih menabung pakai tabungan Investa Batara iB, dan meskipun saldo saya tak banyak, alhamdulillah bagi hasilnya selalu lebih besar dari biaya administrasi. \(Β΄β–½`)/ Tentang ini sudah pernah saya ceritakan di sini.

Membuka kedua jenis tabungan di atas caranya mudah, cukup bawa KTP dan uang setoran awal Rp.50.000 untuk tabungan Batara iB atau Rp.100.000 untuk tabungan Investa Batara iB.

Terakhir, tabungan BTN Syariah didukung penuh oleh jaringan ATM Bank BTN yang sudah tersebar luas ke penjuru daerah. Tarik tunai dan cek saldo, biayanya gratis.

Untuk daftar lengkap lokasi jaringan ATM Bank BTN di Batam sila klik di sini.

Selamat menabung πŸ™‚

Read Full Post »


Teruntuk anda yang sering bayar KPR lewat ATM Bank BTN, atau transaksi keuangan apa pun, berikut daftar lengkap lokasi jaringan ATM Bank BTN dan BTN Syariah di kota Batam. ATMnya sudah tersebar cukup merata di batam. Ini adalah update sampai 1 September 2012, dan akan terus bertambah. Semoga bermanfaat. πŸ™‚

Kantor Cabang

Konvensional:

Jl. Engku Putri No.01, Batam Center

Syariah:

Komplek Regency Park Lot 29, Jl. Sriwijaya, Pelita

Kantor Cabang Pembantu

Konvensional:

– KCP Pelita
Jl. Sriwijaya Lot 29, Komplek Regency Park, Pelita

– KCP Penuin
Komp. Ruko Penuin Blok F No.12

– KCP Sekupang
Ruko Pasar Cipta Puri Blok DD No.1, Tiban

– KCP Tanjung Uncang
Komp. Ruko Fanindo Blok D No.10, Tanjung Uncang

– KCP Batuaji
Ruko Muka Kuning Indah II Blok E2 No.10, Batuaji

Syariah:

– KCPS Batuaji
Mall Top 100 Tembesi

Kantor Kas

– KK Bengkong
Komp. Pusat Niaga Bengkong Mas Blok A No. 3

– KK Puri Legenda
Pertokoan Puri Legenda Blok D1 No. 08, Batam Center

– KK Botania
Komp. Botania Garden Blok B-2 No. 28 Batam Centre

– KK Panbill
Pertokoan Panbill Mall, Blok C2 No. 01, Mukakuning

ATM Center

– Nagoya Hill Mall
– BCS Mall
– Kepri Mall
– Kantor Pos Batam Center
– Foodcourt Graha Cikitsu, Batam Center
– Botania Plaza
– Mustafa Plaza Batam Center
– Jodoh Center Plaza, Bengkong
– Plaza Top 100 Jodoh
– Ruko Pasar Tiban Center
– STC Plaza, Sekupang
– SP Plaza Batuaji
– Pasar Sagulung Mas Indah
– Top 100 Tembesi
– Plaza Batamindo
– Kawasan Industri Batamindo (ASTAKA)
– SPBU Tanjung Piayu
– SPBU Kabil

Read Full Post »

Sebentar lagi lebaran. Bagi Anda yang tengah berlimpah rizki, ada satu tradisi yang sayang dilewatkan saat lebaran; bagi-bagi zakat atau angpao. Anak-anak kecil yang lebaran ke rumah anda tentu akan riang bukan kepalang beroleh angpao lebaran. Jika diniatkan sodaqoh atau hadiah, bisa bernilai pahala juga buat Anda.

Agar angpaonya bisa banyak, anda tentu perlu menukarkan uang THR anda yang melimpah itu ke pecahan yang lebih kecil. πŸ˜› Nah, untuk tempat penukaran uang ini saya merekomendasikan Bank BTN Syariah.

Anda yang tinggal di Batam, bisa menukarkan uang anda di dua kantor BTN Syariah, yakni Kantor Cabang BTN Syariah di Pelita, dan Kantor Cabang Pembantu BTN Syariah di Mall Top 100 Batuaji.

Di BTN Syariah, anda bisa menukarkan uang ke pecahan berapa pun, dari 100ribu sampai 1000 rupiah. Tukar ke uang logam juga bisa; 1000, 500, 200 sampai 100 perak! Untuk uang kertas, ada batas maksimal penukaran, yakni 300 lembar per pecahan. Masih wajar kan?

Pembatasan penukaran ini adalah untuk menghindari adanya calo atau makelar penukaran uang. Tukar uang di calo/makelar itu rugi loh. Tukar 100ribu ke pecahan 2000an misalnya, bisa jadi kita hanya dapat 90ribu. 10ribunya lagi jadi ongkos penukaran uang. Praktek seperti ini oleh sebagian ulama digolongkan ke dalam jenis riba loh. Serem kan?!

Jadi, segera tukarkan uang Anda ke Bank BTN Syariah terdekat. Jam pelayanan: 9.00 – 14.00. Ditunggu sampai 16 Agustus 2012.Β  Insyaallah.

Selamat menyambut Idul Fitri πŸ™‚

Read Full Post »

Anda yang punya rekening bank dengan saldo tak seberapa, pasti sering nyesek tiap nge-print buku tabungan. Sesek karena saldo bukannya nambah, tapi malah terus menerus berkurang. Berkurang lantaran potongan administrasi bank lebih besar daripada bunga/bagi hasil tabungan kita (yang tak seberapa itu). πŸ˜›

Meski potongannya cuma beberapa ribu perak, tetep aja kadang ada perasaan nggak ikhlas kan?! Apalagi kalau potongan itu bikin saldo jadi nggak genap. Harusnya masih Rp.2.000.000 dipotong jadi tinggal Rp.1.991.000. Tidaaak!!

Tapi meski nggak ikhlas jangan sekali-kali komplain langsung ke bank ya, malu. Keliatan banget orang susah πŸ˜› Belum lagi kalo CS Bank nyolot: “Kalo nggak mau ada potongan, simpan di bawah kasur aja pak!” πŸ˜€

Kadang kepikiran dong pengen nyari bank yang bebas potongan tanpa syarat ribet. Nah kali ini saya mau share pengalaman nabung di tiga bank berbeda: satu bank konvensional, dua bank syariah. Kita akan lihat bank mana yang nggak doyan motong-motong duit nasabah.

Btw, saya nggak terlalu ngerti perhitungan bunga atau nisbah bagi hasil, jadi saya nggak akan pake hitung-hitungan, tapi langsung ngasih bukti print buku tabungan. Anda silakan ambil kesimpulan sendiri, bank mana yang paling kompetitif.

Disclaimer: Tulisan ini semata-mata dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan atau mempromosikan bank tertentu. Mudah-mudahan memberi pencerahan.

***

1. Mandiri Tabungan dari Bank Mandiri

Akhir Desember 2011, saldo tabungan Mandiri saya berjumlah Rp.6.568.400. Pada 31 Desember 2011 bank memberi saya bunga sebesar Rp.3.361, namun mengenakan biaya administrasi sebesar Rp.9.000. Alhasil saldo saya tergerus Rp.5.639. 😦

 

2. Tabungan Shar-E dari Bank Muamalat
Pada akhir Desember 2011 saya memiliki saldo sebesar Rp.8.958.425. Pada 30/12/11 bank memberikan bagi hasil senilai Rp.7.726. Yang menggembirakan, tabungan saya tidak dikenakan biaya layanan! πŸ˜€

Dari googling, saya dapati info bahwa untuk saldo di atas Rp.2 juta, Bank Muamalat memang tidak mengenakan biaya layanan sebesar Rp.7,500. Lumayaan.. Saldo saya dalam sebulan bertambah Rp.7.726. *cring cring cring*

 

3. Tabungan Batara Syariah dari BTN Syariah

Sampai akhir Desember 2011, saya memiliki saldo Rp.3.112.746. Pada 01/01/12, saya mendapat bagi hasil sejumlah Rp.11.439. Tapi dipotong lagi untuk administrasi sebesar Rp.5.000. Berarti saldo saya bertambah Rp.6.439.

***

Memang, masalah potong-memotong saldo ini bukanlah pertimbangan utama kita dalam memilih bank, banyak pertimbangan lain yang lebih penting seperti kemudahan menjangkau kantor cabang, akses ATM, adanya internet banking, referensi tempat kerja dll.

Yang jelas, kalau nggak mau saldo kepotong terus, jangan dikit-dikit dong nabungnya, yang banyak.. πŸ˜€

β™«β™ͺ bang bing bung yuuuk kita nabung β™«β™ͺ
β™«β™ͺ bang bing bung hei jangan dihitung β™«β™ͺ
β™«β™ͺ tahu-tahu nanti kita dapat untung β™«β™ͺ

Read Full Post »