Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Serba-Serbi’ Category

OSN Pertamina

Sebagai perusahaan milik negara, Pertamina terhitung ‘kaya’ akan kegiatan corporate social reponsibility(CSR). Saya cek di website pertamina, terdapat puluhan kegiatan CSR yang dilakukan oleh Pertamina. Kegiatan CSR tersebut terbagi dalam empat bidang;
1. Bidang Pendidikan
2. Bidang Kesehatan Masyarakat
3. Bidang Lingkungan
4. Bidang Infrastruktur dan Bencana Alam

Keempat bidang tersebut sesungguhnya telah menyentuh empat aspek mendasar kehidupan masyarakat. Masyarakat yang mana? Yaitu masyarakat yang berada di wilayah operasional Pertamina pada khususnya, dan seluruh masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke pada umumnya.

Salah satu kegiatan CSR yang dilakukan Pertamina di bidang pendidikan adalah Olimpiade Sains Nasional Pertamina atau OSN-Pertamina. Tahun 2012 ini penyelenggaraan OSN-Pertamina telah menginjak tahun kelima, dan akan terus dilaksanakan sebagai implementasi dari visi Pertamina dalam mencerdaskan anak bangsa. OSN-Pertamina 2012 mengangkat tema: “Mencetak Generasi Sobat Bumi Berprestasi”.

Satu hal yang bikin saya takjub pada program CSR satu ini adalah hadiahnya. OSN-Pertamina 2012 berhadiah total 2,8 Milyar!

OSN PERTAMINA 2012 memperlombakan dua kategori yaitu Kategori Theory dan Kategori Science Project. Yang boleh ikut serta dalam olimpiade ini adalah mahasiswa program S-1 atau D4 dari semua fakultas/jurusan yang memiliki minat mendalam di bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi.

Pendaftaran peserta OSN PERTAMINA 2012 sudah dimulai sejak 23 Juli 2012 di setiap provinsi, dan pada akhir november lalu telah memasuki tahap seleksi final di tingkat pusat. Anda bisa melihat daftar pemenang 3 besar provinsi untuk Kategori Theory di sini, juga 8 peserta terbaik kategori Science Project Regional di sini.

Pemenang OSN Pertamina

Dari perspektif awam, saya menilai OSN-Pertamina 2012 ini sebagai event yang sangat baik. OSN-Pertamina 2012 pastinya membangun atmosfir saintifik di kalangan mahasiswa dan mendorong mereka pada penguasaan ilmu dan teknologi yang akan membawa bangsa ini pada level yang lebih maju lagi di masa mendatang.

Kerennya, mahasiswa – para intelektual muda – yang berprestasi di ajang OSN-Pertamina 2012 ini akan mendapatkan prioritas untuk berkarier di Pertamina. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Perusahaan PT Pertamina (Persero) Nursatyo Argo sebagaimana diberitakan di website osnpertamina.com.

β€œPara juara nanti tinggal menjalani tes formal saja, karena mereka sudah mendapat privilege untuk menjadi karyawan Pertamina,” kata Nursatyo usai acara Pembukaan Seleksi Nasional OSN Pertamina 2012, di Balai Sidang Universitas Indonesia (UI) di Depok, Senin (26/11).

Wah kalau sudah begini, siapa yang tidak semangat. Ayo mahasiswa bidang keilmuan Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, belajar yang giat! Karier cemerlang di Pertamina menantimu! πŸ™‚

gambar dipinjam dari osnpertamina.com.

Read Full Post »

Berikut adalah persyaratan yang harus kita persiapkan saat akan mendaftar haji ke Departemen Agama Kota Batam. Tiap kota/kabupaten berbeda persyaratannya, jadi silakan cek di kantor depag masing-masing.

1. Fotocopy KTP (6 lembar)
–> Difotocopy dengan posisi bagian depan & belakang bersebelahan.
2. Fotocopy Kartu Keluarga (1 lembar)
3. Fotocopy Surat Nikah atau Fotocopy Akta Lahir atau Fotocopy Ijazah (1 lembar)
4. Fotocopy Buku Tabungan Haji (1 lembar)
–> Yang menunjukkan nomor rekening dan saldo. Pastikan saldo memenuhi saldo awal BPIH. Saat ini senilai Rp.25.000.000.
5. Surat Keterangan Sehat dari dokter (1 lembar)
–> Yang menunjukkan tinggi badan, berat badan dan golongan darah.

Read Full Post »

Dari pengalaman membukakan talangan haji untuk orang tua, dan juga info dari blog ini, saya mau berbagi tips dan trik membuka talangan haji di Bank. Btw, sebelum membaca tulisan ini ada baiknya anda terlebih dahulu membaca post saya yang ini.

Bismillah. Berikut beberapa tipsnya:

1. Pertama-tama pilihlah produk talangan haji dari bank syariah. Jangan rusak niat mulia ibadah haji anda dengan sistem riba bank konvensional. Haram!

2. Pilihlah bank syariah yang menawarkan biaya ujroh paling ringan. Biaya ujroh talangan haji nominalnya berbeda pada tiap bank. Saya sempat membandingkan biaya ujroh talangan haji di tiga bank syariah berbeda, dan yang paling ringan rupanya adalah Bank BTN Syariah. Apa itu biaya ujroh? Bisa anda baca di post saya sebelumnya.

3. Pilihlah jangka waktu pembiayaan talangan haji yang paling lama. Biasanya 5 tahun. Kenapa? Karena mau pembiayaannya 1 tahun sekali pun, biaya ujrohnya tetap sama. Dan kalau kita memilih jangka waktu terpendek; 1 tahun, dan dalam 1 tahun tersebut kita tidak bisa melunasi dana talangan, maka talangan haji kita bisa batal, beserta porsi hajinya. (Denger-denger bisa sih diperpanjang, tapi ribet kan ngurus lagi).
Contoh kasus:
Biaya ujroh talangan haji BTN Syariah adalah Rp.1.650.000 untuk dana talangan sebesar Rp.20.000.000. Biaya ujroh tersebut kita bayar pada saat akad dan setiap ulang tahun tanggal akad. Katakanlah kita ambil jangka waktu pembiayannya 5 tahun. Misalkan ternyata, karena ada rezeki lebih, kita bisa melunasi talangan 20 juta tersebut dalam 2 tahun, maka kita hanya akan dikenakan biaya ujroh untuk 2 tahun pertama. Tiga tahun berikutnya kita tidak akan dikenakan biaya ujroh lagi. Lumayan kan?

4. Jika anda mengambil talangan haji untuk dua orang(suami istri), maka dalam mengangsur talangan, fokuskan untuk melunasi salah satu talangan terlebih dulu.
Contoh:
Anda mengambil talangan haji untuk anda dan pasangan masing-masing Rp.20.000.000, maka anda bisa fokuskan pengembalian angsuran pada salah satu talangan dulu. Misal kemampuan anda mengangsur Rp.1.000.000/bulan. Maka anda setor saja satu juta tersebut secara rutin ke salah satu talangan, daripada membaginya dua. Sehingga dalam 20 bulan, talangan tersebut sudah lunas, dan anda tinggal melunasi talangan yang satu lagi.

Keuntungannya? Talangan pertama hanya dikenakan biaya ujroh dua kali, yakni tahun pertama dan kedua. Tahun ketiga dan seterusnya anda tinggal dikenakan ujroh untuk 1 talangan lagi yang belum lunas.

Bandingkan dengan jika anda mengangsur masing-masing talangan tersebut Rp.500.000 per bulan. Kedua talangan baru akan lunas setelah 40 bulan. Artinya anda akan dikenakan biaya ujroh masing-masing 4 kali. Rugi bro!

5. Agar biaya ujroh tidak terasa berat, ada alternatif pembayaran lagi nih. Yakni biaya ujroh anda cicil pembayarannya menjadi per bulan. Sehingga, ujroh Rp.1.650.000 dibagi 12 bulan menjadi Rp.137.500/bulan. Sesuai contoh poin 4, jika angsuran talangan dan cicilan ujroh digabung maka tabelnya menjadi seperti ini:

Angsuran Talangan Haji + Ujroh

6. Jika anda membuka dua talangan haji, bedakanlah nominal talangannya sehingga berbeda biaya ujrohnya. Kemudian fokus melunasi yang biaya ujrohnya lebih besar.
Contoh:
Kedua orang tua saya mengambil dana talangan haji. Dana yang mereka punya adalah 18 juta untuk berdua. Sehingga masing-masing punya modal Rp.9.000.000. Seharusnya saya buka talangan haji masing-masing Rp.16.000.000. Tapi demi mengakali biaya ujroh, ibu saya bukakan talangan haji Rp.15.000.000, dan bapak saya minta ditalangi Rp.17.000.000.

Sesuai tabel, biaya ujrohnya jadi berbeda. Yang talangan 15 juta ujrohnya Rp.1.234.500, sedangkan yang 17 juta ujrohnya Rp.1.650.000. Selisih 400ribuan! Dan saya akan fokus melunasi talangan haji bapak dulu, supaya kalau sudah lunas dalam setahun, tahun kedua yang kena ujroh cuma talangan haji ibu saja. Lumayan ngirit kan? πŸ˜›

Sementara itu dulu tips-tipsnya. Ada yang mau menambahkan? πŸ™‚

Read Full Post »

Baru-baru ini saya membuka Talangan Haji untuk kedua orang tua di Bank BTN Syariah. Prosesnya alhamdulillah mudah dan cepat. Kenapa pilih BTN Syariah? Karena saya sempat membandingkan dengan dua bank syariah lain, hasilnya: biaya ujroh BTN Syariah adalah yang paling ringan. Apa itu biaya ujroh? Keep reading πŸ™‚

Talangan HajiΒ  adalah pinjaman uangΒ  yang diberikan oleh bank untuk menggenapi tabungan haji nasabah, sehingga cukup untuk mendapatkan porsi haji di Departemen Agama. FYI, tahun 2012 ini setoran awal BPIH(Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) yang harus kita setor ke depag untuk mendapat porsi haji adalah sebesar Rp.25.000.00o. Belum punya uang segitu? Di sinilah fungsi talangan haji.

Mengapa harus pakai talangan haji segala? Kenapa nggak nunggu aja sampai saldo kita cukup?
Berikut alasannya:
1. Masa tunggu berangkat haji yang semakin panjang. Untuk kota batam saja, mendaftar haji tahun 2012, porsi hajinya adalah untuk keberangkatan tahun 2021. Lama nian! Itulah sebabnya kita butuh dana talangan dari bank, sekedar untuk mendapat porsi agar tahun keberangkatan tidak semakin lama.
2. Talangan haji akan ‘memaksa’ kita untuk rajin menabung. Bisa jadi tanpa pinjam talangan haji pun kita sanggup menabung beberapa tahun ke depan untuk naik haji. Tapi, karena tidak ada deadline, biasanya menabung jadi tidak rutin dan malas-malasan. Talangan haji dijamin mampu ‘memaksa’ kita untuk rutin menabung lantaran sudah ‘kadung’ pinjam ke bank. Lebih-lebih ada jangka waktu pembayaran yang jika tak lunas maka porsi haji dibatalkan.

Mau naik haji kok ngutang? Apa kata dunia?
Hehe. Di sinilah butuh kearifan kita sebagai muslim yang berniat naik haji. Sebelum mengambil talangan haji, pastikan kita memiliki penghasilan yang cukup untuk mengangsur tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari. Lebih tepat lagi jika anda sebetulnya memiliki harta tapi tidak dalam bentuk simpanan uang, melainkan dalam bentuk aset lain seperti emas atau tanah.

Btw, sebenarnya kurang tepat juga kalau dikatakan talangan haji = berhutang untuk berhaji. Kenapa? Karena talangan haji harus sudah lunas sebelum berangkat haji. Artinya ketika berangkat haji kita sudah tidak punya hutang. Talangan haji hanya berfungsi sebagai penolong untuk mendapatkan porsi haji. Akur?

Saatnya bicara produk. Maksimal dana talangan haji yang bisa diberikan oleh BTN Syariah adalah Rp.24.500.000. Jangka waktu pengembaliannya maksimal 5 tahun. Berikut tabel angsurannya:

Angsuran Talangan Haji

Persyaratan untuk mendapatkan talangan haji BTN Syariah adalah sebagai berikut:
1. Membuka tabungan haji BTN iB dengan saldo minimum Rp.100.000.
2. Membawa persayaratan administratif, terdiri dari:
– Fotocopy KTP
– Fotocopy Kartu Keluarga
– Fotocopy Buku Nikah
– Fotocopy NPWP
– Surat Keterangan Kerja dan slip gaji 3 bulan terakhir, atau
– Catatan penghasilan bagi yang berwirausaha
– Materai Rp.6000 sebanyak 8 lembar

Selama jangka waktu angsuran, nasabah juga akan dikenakan Ujroh atau biaya administrasi. Ujroh ini dikenakan sekali setahun, yakni pada tanggal akad dan setiap ulang tahun tanggal akad. Berikut besaran ujrohnya:

Biaya Ujroh

 

Contoh Kasus:
Saya memiliki dana 10.000.000 di dalam tabungan haji dan berniat meminjam talangan haji kepada BTN Syariah, maka;
– Rp.1.650.000 menjadi setoran ujroh tahun pertama
– Rp.8.000.000 menjadi modal saya untuk mendapat porsi haji
– dan bank akan memberi talangan sebesar Rp.17.000.000 untuk menggenapkan modal saya menjadi Rp.25.000.000 agar bisa mendapat porsi haji di depag.

Selanjutnya, kewajiban saya adalah mengangsur Rp.17.000.000 tersebut dalam jangka waktu yang sayapilih; 1 sampai 5 tahun. Semakin panjang jangka waktu yang saya pilih, semakin ringan angsurannya. Tapi saya akan semakin sering membayar ujroh tahunan. Sementara, semakin pendek jangka waktu pengembalian, saya memang terhindar dari biaya ujroh berkali-kali, tapi jika sampai tanggal jatuh tempo saya tidak bisa melunasi, maka talangan haji akan dibatalkan, yang berarti porsi haji saya juga batal. 😦

Solusinya?
Pilih saja jangka waktu pengembalian paling panjang; 5 tahun. Toh tahun keberangkatan haji rata-rata sudah di atas 5 tahun. Saya pun bisa leluasa mengangsur tanpa khawatir kehilangan nomor porsi. Dan jika, berkat rezeki berlebih dari Allah, saya bisa melunasi talangan haji tersebut dalam 2 tahun, maka saya tidak akan dikenakan lagi biaya ujroh untuk tahun ke-3 hingga seterusnya. Asyik kan?

Sudah faham kan? Sekarang yuk tinggal bulatkan niat, sempurnakan ikhtiar. Semoga Allah memudahkan langkah kita menuju rumahNya. Aamiin. πŸ™‚

Read Full Post »

Judul post saya kali ini to the point saja; jangan pakai CDI motor abal-abal. Pakailah selalu suku cadang asli motor anda.

Alkisah hari Jumat minggu lalu motor absolute revo saya tiba-tiba mogok di tengah jalan. Sama sekali tak bisa dihidupkan. Dugaan saya businya soak. Maka saya tentenglah motor tersebut ke bengkel terdekat. Setelah busi diganti, ternyata motor tetap tak mau hidup. Berarti bukan perkara busi. Usut punya usut rupanya CDI yang rusak.

CDI singkatan Capacitor Discharge Ignition, merupakan salah satu jenis sistem pengapian pada kendaraan bermotor yang memanfaatkan arus pengosongan muatan (discharge current) dari kondensator, guna mencatudaya Kumparan pengapian (ignition coil). Tapi istilah CDI biasanya merujuk pada komponen motor yang bentuknya ada pada gambar di atas.

Oleh orang bengkel saya ditawari CDI baru seharga 150ribu. Alamak, mahal juga. Kirain cuma seharga busi. πŸ˜› Tapi kata orang bengkel itu sudah murah, karena cuma kualitas thailand. CDI asli honda malah bisa 300ribuan. Yang thailand ini harga cuma 50%, tapi kualitas 75%. Woh tanpa pikir panjang saya langsung setuju diganti CDI Thailand. Motor pun bisa hidup kembali.

150 ribu pertama *cring cring*

Keanehan pun terjadi selama beberapa hari kemudian. Setelah ganti CDI, motor saya jadi ndut-ndutan, knalpot meletup-letup, dan yang paling parah bensin jadi sangat boros. Hm, kali ini saya pikir businya yang bermasalah. Maklum sudah lebih 30.000 km belum pernah ganti. Maka saya pun meluncur ke bengkel terdekat untuk mengganti busi.

15ribu.. *cring-cring*

Setelah diganti busi rupanya keadaan tak berubah. Motor masih ndut-ndutan dan knalpot sering meletup. Bahan bakar makin menjadi-jadi borosnya. Isi full tank biasanya bisa menempuh lebih 150 km. Sekarang bisa 50 km aja udah sukur. Gila kan! Masalah apa lagi nih? CDI baru, busi baru. Hm, mungkin karburatornya kotor, pikir saya. Maka saya pun ke bengkel ahass terdekat untuk service tune up dan ganti oli (padahal belum sebulan diservice yang sama).

65ribu.. *cring-cring*

Setelah diservice rupanya kondisi motor tetap sama Ρ‰(TΠ”TΡ‰). Saya jadi curiga, jangan-jangan CDI kualitas ‘thailand’ yang bikin begini? Dengan berat hati besoknya saya datang lagi ke bengkel ahass dengan satu tujuan pasti: ganti CDI asli honda.

320ribu… *cring cring* Ρ‰(TΠ”TΡ‰)

Dan ternyata betul pemirsa, punca dari segala macam masalah motor saya itu (ndut-ndutan, knalpot meletup & bensin super boros) adalah gara-gara CDI buatan thailand. Setelah diganti CDI asli honda, segala problematika di atas sirna seketika *halah*

Kesimpulan:
Buat teman-teman yang motornya hanya untuk ‘daily use’ jangan pernah deh pakai CDI abal-abal. Merek apa pun. Mending pakai genuine part. Harganya memang lebih mahal, tapi ada jaminan mutu. Ada harga ada rupa bukan?

NB:
Sebenarnya dari awal saya sadar kok kalo yg bermasalah CDI thailand. Cuma kalo kejadiannya gak muter-muter dulu, cerita saya tak akan seseru ini πŸ˜€

Read Full Post »

Sampai pertengahan tahun 90-an, kampung tempat tinggal saya di Batu Besar, Batam, masih belum dialiri listrik. Padahal kampung saya cuma berjarak 25 km dari Singapura. Iya, negara tetangga yang modern itu. Saat malam menjelang, kampung kami pun gelap gulita tanpa ada penerangan listrik sama sekali – sementara Singapura justru gemerlapan dan terang benderang. Kontras sekali. Dari tepi pantai nongsa kami hanya bisa melihat kerlap-kerlip lampu gedung pencakar langit di negeri singa itu. Cemburu menguras hati, kata Vidi Aldiano.

Aktivitas di kampung saya seolah terhenti begitu hari beranjak gelap. Hampir tak ada aktivitas di luar rumah selepas maghrib. Kami para pelajar sudah terbiasa belajar dalam keremangan cahaya lampu minyak. Lubang hidung dan upil yang menghitam adalah lumrah, lantaran semalaman menghirup asap lampu minyak.

Hingga akhirnya listrik PLN masuk ke kampung kami. Kalau tidak salah berbarengan dengan momentum krisis moneter 1998.Β  Momentum yang kurang pas sebenarnya, tapi amat kami syukuri.

Sejak itu kehidupan kami berubah. Semuanya terasa selangkah lebih maju. Rumah saya perlahan tapi pasti dipenuhi peralatan-peralatan elektronik; kipas angin, rice cooker, lemari es, mesin cuci, sampai komputer. Hidup jadi lebih ‘modern’. Lubang hidung saya juga tak menghitam lagi. πŸ˜€

Listrik benar-benar merubah segalanya..

Memang sempat ada masa transisi kampung kami menggunakan mesin genset. Tapi hanya sebentar. Itu pun tak banyak alat elektronik yang bisa dipakai lantaran daya yang rendah. Paling cuma lampu pijar dan televisi mungil. Maklum, genset yang kecil harus dibagi ke seantero kampung. Kehadiran PLN tetap solusi terbaik.

Kota Batam di Malam Hari (http://bit.ly/SZRmk1)

Kini, tahun 2012, listrik adalah bagian tak terpisahkan dari kehidupan saya -> Kami -> Kita semua. Hampir semua aktivitas kita sehari-hari berhubungan dengan listrik. Blackberry saja dalam sehari butuh colokan listrik beberapa kali kan? πŸ˜€

Dan saya bersyukur kinerja PLN Batam relatif optimal. Sudah tidak ada lagi pemadaman bergilir. Listrik juga hanya sesekali padam, yang biasanya disebabkan oleh gangguan teknis seperti kabel putus atau gardu tersambar petir.

Selain optimal di pelayanan, PLN Batam juga memberilan kemudahan pembayaran. Payment point ada hampir di semua tempat. Dipermudah lagi dengan bisa membayar lewat bank dan ATM. Saya juga selalu dikirimi invoice/surat tagihan lewat email oleh PLN Batam setiap awal bulan. Jadi saya sudah tahu jumlah tagihan sebelum membayar.

PLN Batam juga aktif di twitter. Lewat akun @bright_PLNBatam, PLN Batam berbagi aneka informasi kelistrikan, terutama (dan yang terpenting) info rencana pemadaman. Sehingga kita warga masyarakat bisa siap-siap. Kalau ada pemadaman mendadak,Β  akun @bright_PLNBatam juga selalu buru-buru mentwit penyebabnya. Biasanya sih karena kabel putus atau transmisi tersambar petir. Setidaknya ini bikin warga tidak bertanya-tanya.

***

Tanggal 3 Oktober 2012 yang lalu PT PLN Batam berulang tahun yang ke-12. Sebagai warga pengguna layanan PLN saya tentu punya harapan untuk PLN Batam khusunya dan PLN seluruh Indonesia pada umumnya. Berikut daftar panjangnya: πŸ˜€

1. Semoga PLN bisa melakukan pemerataan listrik sampai ke daerah-daerah terpencil. Di kota Batam sendiri masih banyak daerah hinterland berupa pulau-pulau kecil di sekitar batam yang belum terlayani listrik PLN. Kasihan, tanpa listrik yang memadai, masyarakat di pulau pulau kecil jadi tertinggal di banyak sektor.

Di zaman yang semua peralatan sudah serba elektronik ini kebutuhan akan listrik tentu jadi hal yang sangat vital. Kehadiran listrik PLN niscaya menjadi kunci peningkatan standar hidup masyarakat dan mempercepat pemerataan kesejahteraan masyarakat.

2. Semoga PLN bisa mengembangkan “green energy”. Membangun pembangkit-pembangkit listrik dengan sumber energi baru terbarukan yang murah dan ramah lingkungan, seperti energi matahari, air, angin, panas bumi, arus laut, bahkan ombak laut.

Saya perhatikan laut dan selat di kawasan Barelang Batam punya arus laut yang kuat. Buktinya kapal tongkang yang dijangkarkan saja bisa terseret arus laut hingga menabrak jembatan VI (baca beritanya di sini). Berarti arusnya sangat kuat kan?! Siapa tahu energi potensial ini bisa digarap menjadi sumber energi pembangkit PLN. Memang dibutuhkan penelitian yang mendalam untuk itu.

3. Semoga PLN bisa terus meningkatkan kualitas pelayanannya kepada seluruh warga masyarakat. Dimulai dari hal-hal standar; perbaikan yang cepat atas komplain listrik putus, eksekusi yang cepat untuk permintaan pasang baru/tambah daya, dan sebagainya.

Kalau bisa jangan sampai ada lagi deh pemadaman listrik bergilir. Terlalu banyak pihak yang dirugikan, terutama dunia usaha.

4. Semoga PLN bisa terus menerapkan Good Corporate Governance (GCG). Tingkatkan kinerja di semua lini, bebaskan perusahaan dari praktek Korupsi Kolusi Nepotisme(KKN). Transparan dalam rekrutmen karyawan, dan hilangkan pungutan liar(pungli) di lingkungan kerja PLN.

5. Ini yang terakhir dan harapan seluruh rakyat; Tarif dasar listrik jangan naik ya… πŸ˜€

***

Baru-baru ini di Batam diresmikan operasional pembangkit baru, yakni PLTU Tanjung Kasam. PLTU berkapasitas 2 x 55 MW nantinya akan membuat PLN Batam surplus energi listrik, sehingga bisa memasok listrik sampai ke pulau di sebelahnya; Bintan (Baca beritanya di sini). Semoga ini menjadi indikasi maksimalnya sistem kelistrikan dan pelayanan PLN kepada masyarakat.

Adalah sebuah keniscayaan bahwa segenap rakyat indonesia, dari seluruh lapisan, menggantungkan harapannya kepada PLN. Kinerja PLN saat ini menjadi penentu masa depan bangsa Indonesia yang lebih baik. Teruslah bekerja PLN, untuk memenuhi janjimu: “listrik untuk kehidupan yang lebih baik”.

 

πŸ™‚ Selamat Ulang Tahun PLN Batam (3 Oktober 2012) & Selamat Hari Listrik Nasional (27 Oktober 2012 ) πŸ™‚

 

 

 

*artikel ini ditulis dalam rangka keikutsertaan saya pada lomba blog “Harapanku Untuk PLN“, kerjasama PT. PLN (persero) dan BLOGDetik. Mau ikut serta juga? Kunjungi http://akudanpln.blogdetik.com.

Read Full Post »

Sebentar lagi lebaran. Bagi Anda yang tengah berlimpah rizki, ada satu tradisi yang sayang dilewatkan saat lebaran; bagi-bagi zakat atau angpao. Anak-anak kecil yang lebaran ke rumah anda tentu akan riang bukan kepalang beroleh angpao lebaran. Jika diniatkan sodaqoh atau hadiah, bisa bernilai pahala juga buat Anda.

Agar angpaonya bisa banyak, anda tentu perlu menukarkan uang THR anda yang melimpah itu ke pecahan yang lebih kecil. πŸ˜› Nah, untuk tempat penukaran uang ini saya merekomendasikan Bank BTN Syariah.

Anda yang tinggal di Batam, bisa menukarkan uang anda di dua kantor BTN Syariah, yakni Kantor Cabang BTN Syariah di Pelita, dan Kantor Cabang Pembantu BTN Syariah di Mall Top 100 Batuaji.

Di BTN Syariah, anda bisa menukarkan uang ke pecahan berapa pun, dari 100ribu sampai 1000 rupiah. Tukar ke uang logam juga bisa; 1000, 500, 200 sampai 100 perak! Untuk uang kertas, ada batas maksimal penukaran, yakni 300 lembar per pecahan. Masih wajar kan?

Pembatasan penukaran ini adalah untuk menghindari adanya calo atau makelar penukaran uang. Tukar uang di calo/makelar itu rugi loh. Tukar 100ribu ke pecahan 2000an misalnya, bisa jadi kita hanya dapat 90ribu. 10ribunya lagi jadi ongkos penukaran uang. Praktek seperti ini oleh sebagian ulama digolongkan ke dalam jenis riba loh. Serem kan?!

Jadi, segera tukarkan uang Anda ke Bank BTN Syariah terdekat. Jam pelayanan: 9.00 – 14.00. Ditunggu sampai 16 Agustus 2012.Β  Insyaallah.

Selamat menyambut Idul Fitri πŸ™‚

Read Full Post »

Older Posts »