Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Musik & Tarik Suara’ Category

07042012892

Post ini merupakan ‘chirpstory’ dari kultwit akun twitter @vokalplus pada 21 Juni 2013. Semoga bermanfaat!

1. Sekarang kita mau sharing sedikit tentang salah satu job paling umum buat penyanyi, yaitu job wedding atau kawinan. Yuk.

2. Kawinan adalah kejadian yang sangat penting dalam kehidupan dua mempelai. Dan musik kita akan berpengaruh pada kelancaran acara.

3. Manggung di wedding itu kesannya tidak ditonton memang, tapi jangan salah, para tamu mendengarkan lho.

4. Selain itu, musik kita walau kesannya jadi background, tapi akan mempengaruhi mood dari para tamu dan undangan.

5. Usahakan pihak kita sebagai musisi datang ke technical meeting persiapan acara. Banyak yg bisa dibicarakan di sana, di antaranya pilihan lagu.

6. Bicarakan lagu yang wajib ada dari pihak mempelai apa saja. Dan bicarakan juga kemungkinan tamu yang ingin nyanyi, ini diperbolehkan atau tidak.

7. Selain itu, janjian dengan pihak MC, apakah ia harus menunggu lagu kita selesai baru berbicara, atau berbicara saja, kita yg memelankan volume.

8. Dari pengalaman kami, idealnya kita sebagai musisi yang otomatis menurunkan volume ketika MC berbicara. Demi kelancaran prosesi2, mis. foto2.

9. Untuk masalah tamu ingin nyanyi, idealnya hal ini diatur sebelumnya, kalau perlu tamu yang akan nyanyi ikut latihan sebelum acara.

10. Jangan terlalu lama jeda antar lagu. Kita membangun mood acara lho, kalau sampai “putus” sayang. Siapkan set list dengan baik.

11. Dalam menyusun set list, hindari lagu2 “broken heart” seperti “Lately”, “Harus terpisah” dll. Tahu sendiri kan kenapa, hehe..

12. Ketika technical meeting, bicarakan pada yg punya acara, tamu boleh request atau tidak. Ini terserah anda tapi sebaiknya dibicarakan.

13. Perhatikan betul kostum panggung kita. Kalau perlu invest wardrobe khusus event wedding. Image wedding singer bisa pengaruhi image acara.

14. Walau ini event romantis, jangan terlalu banyak lagu slow, nanti mood-nya turun dan ngantuk. Biasanya organizer-nya akan komplain -__-

15. Siapkan banyak2 kartu nama, jika anda bagus, akan banyak tamu yang bertanya kontak. $$$

16. Makan malam sebelum naik panggung. Nyanyi dalam keadaan lapar sambil lihat tamu makan malam bisa bikin ga konsen.

17. Siapkan air minum di dekat kita. Biasanya job wedding akan memakan waktu 90-120 menit nyanyi. Jangan sampai dehidrasi!

18. Sedikit tips bisnisnya buat manajer2, selalu minta DP untuk tanda jadi. Kalau bisa malahan lunas di hari H sebelum event berlangsung.

19. Sekali lagi, jangan remehkan tamu kawinan. Kita tidak pernah tahu di tengah2 mereka ada pendengar yang serius, atau ada opportunity.

20. Bagi anda wedding singer yang masih single, sabar ya melihat pelaminan… :p

21. Okay tweeps, segini dulu sharing kami soal wedding singer. Kamu punya pengalaman menarik sebagai wedding singer?

Advertisements

Read Full Post »