Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Lain-Lain’ Category

image

Sumber: sidomi.com

Saya terhenyak sewaktu memperhatikan bungkus plastik dari roti tawar yang saya makan pagi itu. Dengan huruf kecil tertulis “freshly baked in Singapore”. Saya tertegun, terdiam, terkesiap. Ya Tuhan, hanya untuk sebentuk roti tawar dengan rasa yang standar ini saja haruskah impor?? Bukankah roti bisa dibuat oleh industri rumahan lokal?? Saya benar-benar tak habis pikir.

Itu kejadian tiga tahun lalu. Ketika itu MEA(Masyarakat Ekonomi ASEAN) masih belum diterapkan. Namun produk impor sudah membanjiri Batam. Apatah lagi sekarang ini?

(more…)

Read Full Post »

utees.me

Februari sebentar lagi menyapa. Istri saya akan berulang tahun di bulan tersebut. Ah, waktu terasa begitu cepat berlalu. Rasanya baru kemarin saya memberinya kado ultah ketika dia sedang hamil muda, mengandung anak pertama kami.

Tiba-tiba aja sudah mau Februari lagi. Bayi yang dikandungnya sekarang sudah bisa duduk dan cerewetnya minta ampun. Gemess! 🙂

Bulan lalu saya kan bikin Custom Tshirt di utees.me. Begitu tshirtnya sampai dan saya pakai, istri antusias minta dibikinin juga. Katanya bahannya bagus dan pas di badan. Waktu orderan kedua dari utees.me nyampe dan hasilnya lebih kece, istri saya senewen, bolak-balik minta dibikinin juga. 😀

(more…)

Read Full Post »

Mumpung dapat ‘cuti khusus istri melahirkan’ lima hari dari kantor, saya putuskan mengurus sendiri akta kelahiran anak pertama saya ke Kantor Disdukcapil. Lumayan, ngurusnya gratis. Hemat beberapa ratus ribu rupiah dibanding nitip calo. 😀

Sudah jauh-jauh ke kantor disduk, ternyata persyaratan utamanya harus ada surat pengantar dari Kelurahan. Begitu saya ke kantor lurah, lah ternyata harus ada pengantar juga dari RT/RW. Ujung-ujungnya pulang ke rumah lagi deh.. -____-

Kalau Anda orang Batam, dan mau ngurus juga saran saya mulailah dari kantor lurah. Di sana mintalah lembar Surat Keterangan Kelahiran. Ini perlu Anda isi lengkap dan mintai tanda tangan dua orang saksi. Saksi bisa siapa saja yang penting Anda punya fotocopy KTPnya.

Setelah itu Anda ke Pak RT untuk meminta surat pengantar pengurusan akta kelahiran dengan membawa fotocopy:

(more…)

Read Full Post »

Prinsip dasar membandingkan dua buah smartphone menurut saya adalah kesetaraan harga. Dua smartphone yang diperbandingkan haruslah dalam rentang harga yang sama. Yaa maksimal selisih harga Rp.300.000 lah. Kalau sudah lebih dari itu, sudah tak bisa lagi dibilang setara, dan kurang fair kalau diperbandingkan. CMIIW.

Kali ini saya akan mengkomparasikan dua buah smartphone dengan harga setara, yakni Smartfren Andromax Z dan Lenovo P780. Www.tabloidpulsa.com per 13 September 2014 menulis, harga baru Smartfren Andromax Z adalah Rp.2.675.000, dan harga baru Lenovo P780 adalah Rp.2.700.000. Setara banget kan? 😀

(more…)

Read Full Post »

20140708_084007

Anda yang punya kendaraan bermotor tentu harus mengganti plat nomor setiap lima tahun. Pengurusan ini berbarengan dengan penggantian STNK dan pembayaran pajak tahunan. Proses yang saya lakukan hari selasa lalu di Samsat Batam kurang lebih sama dengan yang saya lakukan empat tahun lalu.

Persyaratan:
1. KTP Asli
2. BPKB Asli
3. STNK Asli
4. SKPD Asli

Urutan prosesnya begini:

(more…)

Read Full Post »

Kantor Pajak Batam

Hari Selasa kemarin saya mengurus pembuatan NPWP untuk seluruh anggota keluarga; emak, bapak, adik, & sepupu. 😀 Prosesnya mudah.

Persyaratan:
– Fotocopy KTP
– Surat Kuasa

Sampai di Kantor Pajak, saya langsung ambil no.antrian, kemudian ke bagian informasi untuk mengambil form isian. Saya isi, kemudian menunggu no.antrian dipanggil.

Begitu dipanggil, saya serahkan semua persyaratan, menunggu sebentar, saya pun diberikan selembar struk untuk pengambilan kartu NPWP keesokan harinya.

(more…)

Read Full Post »

Anda yang punya rekening bank dengan saldo tak seberapa, pasti sering nyesek tiap nge-print buku tabungan. Sesek karena saldo bukannya nambah, tapi malah terus menerus berkurang. Berkurang lantaran potongan administrasi bank lebih besar daripada bunga/bagi hasil tabungan kita (yang tak seberapa itu). 😛

Meski potongannya cuma beberapa ribu perak, tetep aja kadang ada perasaan nggak ikhlas kan?! Apalagi kalau potongan itu bikin saldo jadi nggak genap. Harusnya masih Rp.2.000.000 dipotong jadi tinggal Rp.1.991.000. Tidaaak!!

Tapi meski nggak ikhlas jangan sekali-kali komplain langsung ke bank ya, malu. Keliatan banget orang susah 😛 Belum lagi kalo CS Bank nyolot: “Kalo nggak mau ada potongan, simpan di bawah kasur aja pak!” 😀

Kadang kepikiran dong pengen nyari bank yang bebas potongan tanpa syarat ribet. Nah kali ini saya mau share pengalaman nabung di tiga bank berbeda: satu bank konvensional, dua bank syariah. Kita akan lihat bank mana yang nggak doyan motong-motong duit nasabah.

Btw, saya nggak terlalu ngerti perhitungan bunga atau nisbah bagi hasil, jadi saya nggak akan pake hitung-hitungan, tapi langsung ngasih bukti print buku tabungan. Anda silakan ambil kesimpulan sendiri, bank mana yang paling kompetitif.

Disclaimer: Tulisan ini semata-mata dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan atau mempromosikan bank tertentu. Mudah-mudahan memberi pencerahan.

***

1. Mandiri Tabungan dari Bank Mandiri

Akhir Desember 2011, saldo tabungan Mandiri saya berjumlah Rp.6.568.400. Pada 31 Desember 2011 bank memberi saya bunga sebesar Rp.3.361, namun mengenakan biaya administrasi sebesar Rp.9.000. Alhasil saldo saya tergerus Rp.5.639. 😦

 

2. Tabungan Shar-E dari Bank Muamalat
Pada akhir Desember 2011 saya memiliki saldo sebesar Rp.8.958.425. Pada 30/12/11 bank memberikan bagi hasil senilai Rp.7.726. Yang menggembirakan, tabungan saya tidak dikenakan biaya layanan! 😀

Dari googling, saya dapati info bahwa untuk saldo di atas Rp.2 juta, Bank Muamalat memang tidak mengenakan biaya layanan sebesar Rp.7,500. Lumayaan.. Saldo saya dalam sebulan bertambah Rp.7.726. *cring cring cring*

 

3. Tabungan Batara Syariah dari BTN Syariah

Sampai akhir Desember 2011, saya memiliki saldo Rp.3.112.746. Pada 01/01/12, saya mendapat bagi hasil sejumlah Rp.11.439. Tapi dipotong lagi untuk administrasi sebesar Rp.5.000. Berarti saldo saya bertambah Rp.6.439.

***

Memang, masalah potong-memotong saldo ini bukanlah pertimbangan utama kita dalam memilih bank, banyak pertimbangan lain yang lebih penting seperti kemudahan menjangkau kantor cabang, akses ATM, adanya internet banking, referensi tempat kerja dll.

Yang jelas, kalau nggak mau saldo kepotong terus, jangan dikit-dikit dong nabungnya, yang banyak.. 😀

♫♪ bang bing bung yuuuk kita nabung ♫♪
♫♪ bang bing bung hei jangan dihitung ♫♪
♫♪ tahu-tahu nanti kita dapat untung ♫♪

Read Full Post »

Older Posts »