Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Internet’ Category

Sejak booming facebook, dan diikuti oleh berbagai media sosial lain, dunia kita seakan berubah. Riuh rendahnya aktivitas manusia kini tak hanya terjadi di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Seseorang mungkin cuma baring-baring sendirian di kamarnya, tapi dengan hp di genggamannya dia sesungguhnya tak benar-benar sendiri; bbm-an, chatting facebook, update status, check-in foursquare, mention-mention artis idola di twitter. Rame!

Eksistensi manusia tak lagi diukur sekedar di dunia nyata, tapi juga di dunia maya. Tahu ceritanya akun twitter @poconggg? Arief Muhammad, si pemilik akun tersebut tadinya di dunia nyata (maaf) nothing. Bukan siapa-siapa. Tapi siapa sangka di twitter dia sudah punya ratusan ribu follower. Setelah identitas aslinya terbongkar, barulah dia eksis beneran di dunia nyata. Followernya terus bertambah, dan sekarang mendekati angka 2 juta orang.

Begitulah, media sosial punya kekuatan sendiri yang tak pernah terbayangkan sebelumnya. Oya, teman-teman sudah tahu kan definisi media sosial?! Secara sederhana, media sosial dapat diartikan sebagai media berbasis internet yang didesain untuk memudahkan kita berinteraksi satu sama lain secara realtime. Contoh-contohnya pasti sudah pada tahu; ada Facebook, twitter, youtube, foursquare, blog, koprol, google+, termasuk yang baru menanjak naik; pinterest, dan masih banyak lagi.

Sedikit banyak media sosial-media sosial di atas, baik kita sadari atau tidak, sebenarnya telah merubah ‘peradaban’ kita. Berikut beberapa contoh fenomena yang diakibatkan oleh media sosial terhadap kehidupan kita:

 

# HP BUKAN CUMA BUAT TELEPON/SMS, TAPI JUGA BUAT EKSIS DI DUNIA MAYA.
Zaman sekarang basi banget nggak sih ngeliat teman masih pakai hp layar monochrome dan tidak ada akses internetnya. Hari gini minimal harus bisa internetan lah via hp.

Eh tapi lebih basi lagi kalau ternyata ada teman kita yang sampai detik ini belum punya fb atau twitter atau email sekalipun. Hello.. it’s 2012 darling.. ๐Ÿ˜€

 

# CURHAT KE SATU ORANG BERALIH KE CURHAT KE SEMUA ORANG
Kalau dulu yang namanya curhat itu ke satu orang, sekarang curhat bisa kita lakukan ke semuua orang. Cukup dengan update status atau ngetwit, semua orang tahu apa yang kita rasakan. Mereka juga bisa merespon balik dengan like, comment atau mention. Kita jadi berasa diperhatikan :’)

Kita juga berasa jadi lebih cerewet, padahal bisa jadi di dunia nyata kita aslinya pendiam.

Kebayang nggak, kamu update status dan dilike 600 ribu orang dan dicomment 32 ribu orang dalam sehari? Lil Wayne, seorang rapper asal Amerika, sudah ngalamin lho. ๐Ÿ˜€

 

# JADI ARTIS TIDAK HARUS LOLOS AUDISI/CASTING, CUKUP EKSIS DI MEDIA SOSIAL.
Yang ini contohnya sudah banyak nih. Di level international, contoh paling fenomenal so pasti Justin Bieber. Ada fans beratnya Bieber di sini? ๐Ÿ™‚ Karier bermusik penyanyi asal Kanada dimulai dengan kebiasaannya mengupload video-video penampilannya di situs berbagi video Youtube. Siapa sangka dia kemudian jadi penyanyi top dunia.

Di dalam negeri contoh artis yang terkenal dari youtube juga banyak. Ada Sinta Jojo, Briptu Norman Kamaru, Audrey Gamaliel, Udin Sedunia, termasuk si ustadz lucu; Ust. Nur Maulana Jamaaahh.. ๐Ÿ˜€

 

# KECEPATAN BERITA BUKAN LAGI CUMA MILIK MEDIA MASSA(TV/RADIO/SURAT KABAR), TAPI JUGA MILIK MEDIA SOSIAL.
Beneran loh, belakangan ini berita tertentu kadang lebih dulu tersebar di media sosial daripada di media massa. Contohnya aja berita kematian mendiang Ade Namnung beberapa waktu lalu, saya sudah tahu lebih dulu dari twitter sebelum beritanya kemudian muncul di TV. Twitter lebih cepat karena yang mengabarkan adalah rekan-rekan sesama artis yang aktif di twitter.

Tahu berita polisi ganteng Briptu Saeful Bahri yang baru-baru ini ngetop? Itu juga ngetrend di twitter duluan loh sebelum diliput tv-tv. Media sosial rules!!

 

Itu dia beberapa fenomena menarik yang terjadi pasca boomingnya media sosial. Sebenarnya masih banyak fenomena lain, tapi saya cape ngetiknya. ๐Ÿ˜€

Yang jelas, booming media sosial ini akan terus berlanjut. Tahun 2012 ini saya yakin akan lebih seru dari tahun-tahun sebelumnya. Prediksi saya, twitter dan foursquare akan terus menanjak kepopulerannya, sementara facebook dan youtube tetep lempeng-lempeng saja. Yaa.. secara kan udah terkenal dari dulu.

Media sosial mana yang akan berjaya tahun ini semua bergantung pada kita semua sebagai user. Kita lihat aja…

***************************

Ada satu lagi fenomena pasca boomingnya media sosial, yaitu bermunculannya akun facebook dan twitter perusahaan-perusahaan. Hampir tiap perusahaan saat ini punya fanpage facebook dan akun twitter yang bisa dilike/difollow semua orang. Bahkan kalau perusahaan tersebut punya, katakanlah, 10 produk/merek, maka mereka juga bakal punya 10 fanpage/twitter berbeda.

Apa untungnya buat kita? Banyak dong! Pertama, dengan melike/memfollow fanpage/twitter mereka, kita jadi selalu update sama info-info terbaru produk/merek tersebut. Kedua, kita jadi gampang mau tanya-tanya tentang produk tersebut. Tinggal comment atau mention aja. Selama pertanyaan kita relevan, pasti direspon sama adminnya. Kadang-kadang bisa jadi ajang komplain juga sih. ๐Ÿ˜‰

Ketiga, ini nih yang seru, fanpage/twitter perusahaan itu biasanya suka ngadain aneka kuis dan lomba. Kita bisa ikutan. Lumayan kan kalau menang. ๐Ÿ˜€

Nah, seiring dengan fenomena maraknya media sosial perusahaan tersebut, hadirlah Arwuda Indonesia (Social Media Agency).

Apakah Arwuda Indonesia itu? Sesuai namanya, Arwuda Indonesia (Social Media Agency) adalah perusahaan yang fokus bergerak dibidang media sosial seperti Facebook, Twitter, YouTube dan Blog. Arwuda Indonesia siap membantu menjaga dan meningkatkan “Brand Image” perusahaan dengan cara mengelola dan merawat akun media sosial yang dimiliki perusahaan.

Mengapa butuh agency? Karena rupanya media sosial saat ini bukan lagi sekedar tempat untuk pasang iklan, melainkan telah berubah menjadi tempat untuk menjalin hubungan sosial dengan pelanggan dan mitra bisnis, dan juga tempat strategis untuk membangun brand image perusahaan. Nah untuk menjalankan fungsi itu, dibutuhkan orang-orang yang kompeten di bidangnya. Itulah Arwuda Indonesia. ๐Ÿ™‚

Dengan kemampuan tim yang memahami secara mendalam berbagai media sosial, Arwuda Indonesia telah berpengalaman menangani berbagai perusahaan dan brand terkemuka di Indonesia. 3 layanan yang disediakan dan menjadi kunci keberhasilan Arwuda adalah sebagai berikut:

1. Strategic Planning
Ini adalah proses yang sangat penting, sebelum perusahaan dan brand Anda masuk secara aktif didalam berbagai media sosial. Didalam tahap awal inilah ditentukan dan disepakati tujuan, segmentasi, โ€œtone and mannerโ€ komunikasi, Key Performance Indicator (KPI) dan berbagai aspek yang lain.

2. Execution and Maintenance
Rencana yang strategis, kreatif dan rinci, perlu dilaksanakan dengan baik oleh tim yang kompeten dibidangnya. Pelaksanaan suatu strategi di media sosial perlu mempertimbangkan pemanfaatan dan optimalisasi dari berbagai media sosial tersebut. Kemudian, semua ini harus dipertahankan dengan kualitas percakapan yang konsisten.

3. Monitoring and Reporting
Setelah pelaksanaan, tahap berikutnya adalah memantau proses percapakan yang terjadi di media sosial dengan mendalam dan secara berkala. Pada tahap ini dilakukan juga pemantauan terhadap berbagai perusahaan maupun brand dari pesaing Anda.

 

Media Sosial apa saja yang bisa di-manage oleh Arwuda Indonesia? Here They Are:

Arwuda Indonesia Twitter

Twitter adalah sebuah mikroblog yang memungkinkan penggunanya mengirim dan mempaca pesan yang disampaikan. Pesan tersebut biasa disebut Tweets (kicauan). Kicauan adalah teks dengan 140 karakter yang dapat dibagi ke halaman profil pengguna. Ada pula istilah Following, diimana penggunaa meminta menjadi teman dengan pengguna lain, dan Followers, yaitu jumlah pengguna lain yang menjadi temannya.

Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang memberikan layanan untuk membuat profil pribadi. Facebook juga menyediakan layanan untuk membuat grup dengan tujuan tertentu, seperti tempat kerja, sekolah, kampus yang sama, atau karakteristik lainnya.

arwuda agensi media sosial

YouTube adalah sebuah situs web yang memudahkan kita untuk membagi video yang kita buat. Selain berbagi video, kita juga dapat menonton berbagai video secara gratis. Video tersebut dapat berupa film, klip music, atau video buatan sendiri. Kita juga dapat mengunduh video-video tersebut secar gratis.

Google Plus

Google+ atau biasa disebut Google Plus merupakan jejaring sosial yang dioperasikan oleh Google Inc. Google+ memberikan layanan baru berupa Circles dimana kita dapat mengelompokkan teman kita ke dalam Circle yang berebeda. Ada pula Hangout, layanan untuk melakukan video call dengan teman di Google+.

foursquare

Foursquare merupakan situs web jejaring sosial yang berbasis lokasi. Layanan ini dapat berfungsi bagi pengguna yang memiliki gadget yang dilengkapi dengan GPS.ย  Pengguna โ€œcheck-inโ€ di berbagai tempat melalui gadget. Setiap โ€œcheck-inโ€ yang masuk mendapatkan poin dan juga badge sebagai reward-nya

************************

Pengen tahu lebih banyak tentang Arwuda Indonesia? Kunjungi www.arwuda.com dan www.arwudanews.com. Pastikan juga kamu me-like fanpage Facebook Arwuda Indonesia dan follow Twitternya @ArwudaID.

Hidup media sosial! ๐Ÿ™‚

narsis dikit ๐Ÿ˜›

Advertisements

Read Full Post »

Tanggal 13 Agustus 2011 besok bakal ada acara menarik di batam, yakni blog workshop “Sharing Keliling 2011”. Di situ kita bisa dapat ilmu seputar blogging, seperti menulis kreatif, fotografi dan videografi. Event ini GRATIS dan terbuka untuk teman-teman SMA/SMK dan mahasiswa.

Yang tertarik, sile daftar di http://j.mp/sk2011btm. Jangan kelamaan mikir, karena tempat terbatas. ๐Ÿ™‚

Read Full Post »

Buat kamu yang masih pake hp jadul, atau hp baru tapi cuma berkemampuan java, saya punya kabar gembira! Kini telah hadir aplikasi facebook khusus untuk ponsel yang mendukung platform java. Aplikasi facebook yang dikembangkan oleh Snaptu ini bisa diunduh dan diinstal di hampir semua hp yang mendukung standar MIDP 2.0, termasuk Nokia Symbian jadul saya, N73. (_ _’)

Aplikasi facebook ini bisa diunduh langsung dari hp di http://fb.me/a

Dengan aplikasi facebook ini kamu bisa melakukan semua layanan dasar fb seperti update status, tambah komentar, cek notifikasi, sampai upload foto langsung dari kamera hp. Nggak cuma itu, kamu juga bisa lihat newsfeed berita terbaru dari situs berita seperti detik dan kompas, serta langsung meng-sharenya via facebook/twitter. O ya, kamu juga bisa menambah widget twitter via aplikasi ini. Jadi bisa online facebook dan twitter secara bersamaan. Persis Snaptu. Harap maklum aplikasi ini memang buatan Snaptu.

Nggak tau kenapa, di hp saya aplikasi ini hanya bisa connect dengan kartu SIM Telkomsel. Waktu saya coba dengan kartu im3, koneksi gagal dengan keterangan “provider tidak didukung”. Dan nggak tau juga kenapa, koneksi dengan kartu halo biaya gprsnya gratis!! ๐Ÿ™‚

Selamat mencoba!

Read Full Post »

Berhubung belakangan banyak yang bertanya-tanya ada nggak paket internet bulanan yang murah, berikut saya list paket-paket internet murah yang ditawarkan oleh provider GSM.Yang saya list di sini khusus paket prabayar dengan harga di bawah Rp.100.000/bulan, baik paket internet unlimited maupun berbasis quota. Cocok buat internetan di handphone atau laptop.

TELKOMSEL
Berikut paket unlimited dan volume based(quota) yang ditawarkan telkomsel. Khusus paket unlimited, harganya tidak di bawah 100.000 sih, tapi pas 100.000. ๐Ÿ™‚

Syarat dan ketentuan serta cara registrasi bisa dilihat di sini:
http://www.telkomsel.com/product/telkomsel-flash/661-Paket-Telkomsel-Flash.html

INDOSAT
Paket unlimtied dan quota yang ditawarkan indosat kurang lebih sama dengan telkomsel, sbb:

Syarat dan ketentuan serta cara registrasi di sini:
http://www.indosat.com/IM3/IM3_Update/Layanan_BroadBand_untuk_IM3_dan_Mentari

XL
Tidak banyak paket bulanan yang ditawarkan XL. Hanya satu paket unlimited, dan satu paket quota. Menariknya, paket unlimited yang ditawarkan lebih murah seribu perak. ๐Ÿ˜›

Syarat dan ketentuan serta cara registrasi di sini:
http://www.xl.co.id/XLInternet/BroadbandInternet
http://xl.co.id/XLInternet/MobileInternet/MobileInternetHarian

AXIS
Axis hanya menyediakan paket quota, tanpa paket unlimited. Dan harus diakui harga yang ditawarkan mencengangkan murahnya. Berikut:

Syarat dan ketentuan serta cara registrasi di sini:
http://www.axisworld.co.id/Paket_Internetan

3
Kebalikan dari Axis, 3 justru hanya menyediakan paket unlimited. Murah juga, dan banyak pilihan paketnya. Sayang, harga tertera belum termasuk PPN. ๐Ÿ˜ฆ


Syarat dan ketentuan serta cara registrasi di sini:
http://www.three.co.id/broadband

Dari tabel-tabel di atas terlihat, paket internet yang ditawarkan tiga operator besar kurang lebih sama. Lihat saja paket unlimited yang ditawarkan Telkomsel dan Indosat, sama persis! Sedangkan XL unggul di treshold/fair usage yang lebih besar, 1GB. Telkomsel dan Indosat cuma 500MB.

Sementara itu, dua operator ‘adik kecil’ (Axis dan 3) bersaing ketat dalam hal harga. Tarif internet yang ditawarkan keduanya jauh lebih murah dibanding tiga orang kakaknya. Sayang, coverage Axis dan 3 masih sangat terbatas. Apalagi jaringan 3Gnya, baru sebatas di beberapa kota besar. Silakan cek di situs masing-masing untuk mengetahui apakah kotamu sudah dicover jaringan 3G, untuk kualitas koneksi lebih baik.

Jadi pilih yang mana?
Banyak hal yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih. Bukan cuma soal harga. Kamu bisa baca di post saya sebelumnya; https://iqbalrois.wordpress.com/2011/01/08/memilih-layanan-internet-gsm/ .

Selamat memilih.

Read Full Post »

Berlangganan internet sekarang makin mudah. Semua provider seluler GSM kini menawarkan paket internetan untuk kartu prabayar mereka. Kita tinggal beli kartu perdana GSM biasa, isi ulang, terus registrasi deh paket internetnya. Mudah! Semua kartu GSM prabayar pun bisa digunakan; simPATI, kartuAS, IM3, Mentari, XL, Axis, 3. Tinggal masalahnya; mana yang kualitasnya bagus?

Nah, dihadapkan pada begitu banyak pilihan, kita harus pinter-pinter memilih. Jangan sampai pulsa yang sudah kita beli tidak worth it dengan layanan yang diberikan. Berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memilih.

1. Pilihan Paket
Umumnya ada dua jenis paket internet yang dijual provider GSM. Pertama, paket Unlimited. kedua, paket Quota. Masing-masing punya keunggulan dan kelemahan. Keunggulan paket unlimited adalah quota-nya yang tanpa batas. Kita bisa bebas internetan sepuasnya tanpa khawatir quota habis dan terkena charge lagi. Kelemahannya; kecepatan akses sangat dibatasi. Untuk paket unlimited murah, jarang banget yang kecepatannya di atas 512 kbps. Apalagi kalau penggunaan kita sudah mencapai ambang batas/threshold, kecepatan akses akan semakin dicekik sampai koneksi megap-megap! Tapi tetap unlimited.

Sementara paket quota keunggulannya; kecepatan akses yang diberikan maksimal. Bisa sampai sekian mbps. Tapi kelemahannya, karena berbasis quota, apabila quota habis kita harus beli paket lagi. Duit lagi. ๐Ÿ˜ฆ

Berikut sample tarif paket unlimited dan quota yang ditawarkan indosat untuk kartu im3 dan mentari.


Tidak semua provider menyediakan dua jenis paket tersebut(unlimited dan quota). Axis misalnya, hanya menjual paket quota. Sedangkan Telkomsel justru menawarkan alternatif paket lain, yaitu time based. Yakni paket internet berbasis waktu. Yang cocok membeli paket ini adalah mereka yang gemar unduh-unggah file ukuran besar di internet. Pastikan kamu tercover jaringan HSDPA yang koneksinya ngebut dan stabil kalau mau beli paket ini, biar gak rugi. Berikut skema tarif paket time based yang ditawarkan telkomsel:

2. Harga
Harga tentu menjadi faktor yang paling kita perhatikan dalam memilih. Prinsipnya: kalau bisa dapat yang murah, kenapa harus yang mahal? Tapi sebenarnya harga menjadi tidak ada apa-apanya kalau kita sudah bisa bicara satu hal; kualitas.

Sekilas, melihat tabel harga paket internet di situs masing-masing provider, tampak yang paling murah adalah paket quota yang ditawarkan oleh Axis. Hanya dengan Rp.24.900,- kita sudah bisa mendapatkan paket internet bulanan dengan quota 500MB. Menarik sekali! Tetapi apakah hanya harga yang menjadi pertimbangan kita dalam memilih? O tentu tidak! Ada beberapa lagi;

3. Tangkapan Sinyal
Sinyal merupakan hal penting lho dalam menentukan kualitas koneksi internet. Setidaknya ada dua faktor yang harus kita perhatikan: Pertama, kekuatan sinyal. Kedua jenis sinyal yang ditangkap.

Kekuatan sinyal berarti seberapa kuat dan stabil sinyal yang ditangkap oleh ponsel/modem kamu. Jangan sampai kamu berlangganan internet yang sinyal GSMnya naik turun, atau yang sinyalnya stabil, tapi stabil satu bar di ponsel. ๐Ÿ˜› Dijamin koneksi internetnya nggak bakalan bagus.

Kedua, yang harus diperhatikan adalah jenis sinyal atau frekuensi yang ditangkap. Berikut urutan frekuensi GSM berdasarkan kecepatannya:
GPRS
EDGE
3G atau UMTS
3,5G atau HSDPA
HSPA+

GPRS adalah frekuensi yang kecepatannya paling rendah. Sedangkan HSPA+ adalah yang paling cepat (walaupun masih jarang di Indonesia – hanya di kota-kota besar).

Bersyukurlah kalau di tempat kamu bisa dapat sinyal 3,5G full. Peluang internet ngebut terbuka lebar. Tapi kalau ternyata kamu cuma dapat sinyal GPRS dan itu pun naik turun, tampaknya kamu harus mengubur dalam-dalam keinginan untuk internetan paket kartu GSM. Dan saya juga harus mengasihani kamu karena kamu pasti tinggal di sebuah dusun nun jauh di pedalaman. ๐Ÿ˜›

4. Kualitas Jaringan
Poin ini juga penting. Pilihlah yang kualitas jaringannya stabil, karena jaringan provider juga sering ‘rapuh’. Ada yang hujan dikit aja, internetnya udah nggak mau connect. Atau jumlah pelanggan nambah dikit, internetnya jadi lemot naujubileh.

Jadi pilih yang mana??

Saran saya sebelum kamu memilih berlangganan tetap salah satu layanan, coba dulu dengan membeli paket harian. Setelah dipastikan sinyalnya bagus, ujilah seharian itu koneksi internetnya bagaimana; lemot, normal, atau gebut. Jajal juga di semua range waktu; pagi, siang, malam, dinihari. Kalau sudah terbukti stabil, baru deh kamu beli paket mingguan atau bulanannya.

Dan kalau beberapa bulan kemudian internetnya terasa mulai lemot dan putus nyambung (lantaran jumlah pelanggan bertambah atau hal lain), berarti sudah saatnya kita menjajal barang jualan provider lain. Nggak perlu sungkan jadi kutu loncat. Ini zaman modern, kita berhak memilih yang berkualitas.

Selamat memilih! ๐Ÿ™‚

Pilihan Paket Telkomsel

Pilihan Paket XL

Pilihan Paket Indosat

Pilihan Paket AXIS

Pilihan Paket 3

Read Full Post »

Paket internet unlimited tak bisa dipungkiri adalah paket yang paling diminati oleh pengguna internet. Tarifnya tetap, tak perlu khawatir tagihan membengkak walaupun internet digunakan sesering mungkin. Hampir semua operator telekomunikasi GSM menyediakan layanan internet unlimited, baik pascabayar maupun prabayar. Telkomsel, Indosat, XL, dan 3 masing-masing menyediakan layanan internet unlimited dengan skema tarif yang bervariasi.

Selain provider GSM, provider CDMA ternyata juga menawarkan paket serupa. Selain paket unlimited dari provider โ€˜Smartโ€™ yang sudah kondang seantero Jawa, ada juga paket unlimited dari operator Flexi, Starone, dan Fren. Kali ini, saya mau mereview internet unlimited prabayar dari 3 operator di atas; Flexi, Starone dan Fren. ย Smart tidak saya review karena Batam belum tercover jaringan Smart. ๐Ÿ™‚

FLEXINET UNLIMITED

Saya menjajal Flexinet Unlimited dengan kartu prabayar Flexi Trendy. Tinggal beli perdananya, registrasikan kartunya, kemudian registrasi paketnya. Berikut skema tarif dan cara registrasi paket Flexinet Unlimited:

Setelah mengirim SMS regitrasi, silakan tunggu sms konfirmasi bahwa registrasi anda berhasil. Di SMS tersebut juga ada informasi username, password dan dial numberย  yang harus dimasukkan ke settingan komputer/laptop.

Beberapa catatan penting:
1. Paket FlexiNET ini diperpanjang otomatis. So, pastikan pulsa selalu mencukupi untuk registrasi berikutnya. Jika ingin berhenti berlangganan, ketik STOP kirim ke 2255.
2. Sisa pulsa minimum setelah registrasi adalah Rp. 2.000,-. Jadi, misalnya kamu mau registrasi paket bulanan, maka saldo pulsa yang harus kamu miliki sebelum registrasi adalah Rp. 52.000,-. SMS Registrasi tidak dikenakan biaya
3. Untuk menge-cek masa aktif paket, ketik LIST kirim ke 2255. Bebas biaya.
4. Kecepatan sampai dengan 153Kbps (standar CDMA)

STARONE INTERNET UNLIMITED

Cukup membeli perdana starone untuk menjajal paket starone internet unlimited. Berikut skema tarifnya:

Berikut parameter setting di computer atauย  laptop:

Beberapa catatan penting:
1. Dijelaskan di situs resminya, kecepatan up to 153Kbps TANPA PENURUNAN KECEPATAN. Ini promo yang menarik.
2.ย  Sisa pulsa setelah registrasi adalah Rp. 1000,-. Jadi misalnya kamu mau registrasi paket mingguan, maka sisa pulsa sebelum registrasi minimal Rp.51.000,-

FREN INTERNET UNLIMITED

Fren sebenarnya sudah punya perdana khusus untuk internetan, yaitu MOBI. Sayangnya saya belum pernah menjajal perdana MOBI ini. Maklum, lebih mahal daripada perdana-perdana biasa. ๐Ÿ™‚ Yang sudah saya coba adalah paket internetan unlimited dengan perdana prabayar Fren. Paket ini bahkan tidak tertera di situs resmi mobile-8. Saya mendapatkan infonya dari blog. Blognya apa silakan cari di google. ๐Ÿ™‚

Yang jelas, paket internet unlimited Fren hanya ada satu macam pilihan sbb:

Setelah registrasi, kamu akan mendapat SMS berisi informasi username, password dan dial numberย  yang harus dimasukkan ke settingan komputer/laptop.

Berhubung tidak ada informasi di situs resminya, saya juga tidak tahu banyak tentang paket ini. Berbulan-bulan saya pakai saya bahkan tidak tahu bagaimana mengecek status masa aktif paket. ๐Ÿ™‚ Soal kecepatan, saya rasa sama dengan yang lain, max. 153 Kbps.

KESIMPULAN

Melihat dari tariff, kita semua langsung tahu bahwa paket dari Starone adalah yang termurah. Tapi apakah harga adalah satu-satunya hal yang penting dalam memilih? Ternyata tidak! Hal yang paling penting adalah kecepatan dan kestabilan koneksi internet. Soal harga, saya rasanya ketiganya sudah sangat murah. Yang paling murah pun selisih harganya hanya Rp.5.000. Tak cukup untuk membeli semangkok Bakso ๐Ÿ˜‰

Dan setelah mencoba ketiganya, kesimpulan saya yang terbaik adalah: FlexiNET Unlimited. Dibandingkan yang lain, Flexi lebih ngebut. Meskipun tetap harus disadari bahwa sengebut-ngebut apa pun kecepatan maksimumnya hanyalah 153 Kbps.

Lantas, apakah hanya paket dari Flexi yang layak pakai? Saya rasa tidak! Ada banyak hal yang mempengaruhiย  kualitas koneksi internet, salah duanya adalah kualitas sinyal, dan jumlah pengguna. Dan dari rumah saya yang terbaik adalah Flexi. Bisa jadi karena sinyal Flexi yang paling kuat dan atau jumlah pengguna internetnya paling sedikit, sehingga internetnya bisa paling ngebut. ๐Ÿ™‚ Kondisi bisa berbeda-beda di setiap tempat, tergantung dua hal di atas.

So, sebelum memilih saya punya beberapa TIPS:

1. Sebelum registras paket internetnya, alangkah baiknya kalau kamu mengecek dulu kekuatan sinyal operator yang akan kamu gunakan. Jika kamu akan mengakses internet dari rumah, maka cek kekuatan sinyal dari operator tersebut dari rumah. Coba saja dengan ponsel. Apakah full bar, setengah, atau malah sinyalnya hilang timbul? Jika kamu akan mengakses internet nanti di ruang tengah, maka cek kekuatan sinyal di ruang tengah. Karena bisa jadi di teras dapet sinyal full, di ruang tengah ternyata sinyalnya tinggal setengah lantaran terhalang tembok. Ini bisa sangat mempengaruhi speed internet. Pilihlah operator dengan sinyal paling kuat.

2. Jika sinyal sudah OK, langkah berikutnya adalah menjajal paket internetnya. Saran saya belilah paket yang kecil dulu. Misalnya paket harian atau mingguan. Tujuannya supaya anda nggak terlalu rugi kalau ternyata internetnya lemot.ย  Lemot, tinggal beli perdana yang lain, dan beli paket lagi. ๐Ÿ™‚

3. Setelah registrasi paket, tes-lah speed internetnya di jam jam sibuk. Misalnya antara jam 1 โ€“ 3 sore, atau jam 7 โ€“ ย 9 malam. Di jam segini biasanya kebanyakan orang mengakses internet. Di sinilah akan teruji kemampuan operator CDMA tersebut. Jika pada jam sibuk saja tidak lemot, maka pada jam-jam yang lain internetnya dijamin akan lebih ngebut. ๐Ÿ™‚

Selamat mencoba!

Read Full Post »