Feeds:
Posts
Comments

Posts Tagged ‘tabungan tanpa biaya administrasi’

Anda yang punya rekening bank dengan saldo tak seberapa, pasti sering nyesek tiap nge-print buku tabungan. Sesek karena saldo bukannya nambah, tapi malah terus menerus berkurang. Berkurang lantaran potongan administrasi bank lebih besar daripada bunga/bagi hasil tabungan kita (yang tak seberapa itu). :P

Meski potongannya cuma beberapa ribu perak, tetep aja kadang ada perasaan nggak ikhlas kan?! Apalagi kalau potongan itu bikin saldo jadi nggak genap. Harusnya masih Rp.2.000.000 dipotong jadi tinggal Rp.1.991.000. Tidaaak!!

Tapi meski nggak ikhlas jangan sekali-kali komplain langsung ke bank ya, malu. Keliatan banget orang susah :P Belum lagi kalo CS Bank nyolot: “Kalo nggak mau ada potongan, simpan di bawah kasur aja pak!” :D

Kadang kepikiran dong pengen nyari bank yang bebas potongan tanpa syarat ribet. Nah kali ini saya mau share pengalaman nabung di tiga bank berbeda: satu bank konvensional, dua bank syariah. Kita akan lihat bank mana yang nggak doyan motong-motong duit nasabah.

Btw, saya nggak terlalu ngerti perhitungan bunga atau nisbah bagi hasil, jadi saya nggak akan pake hitung-hitungan, tapi langsung ngasih bukti print buku tabungan. Anda silakan ambil kesimpulan sendiri, bank mana yang paling kompetitif.

Disclaimer: Tulisan ini semata-mata dibuat berdasarkan pengalaman pribadi. Tidak dimaksudkan untuk mendiskreditkan atau mempromosikan bank tertentu. Mudah-mudahan memberi pencerahan.

***

1. Mandiri Tabungan dari Bank Mandiri

Akhir Desember 2011, saldo tabungan Mandiri saya berjumlah Rp.6.568.400. Pada 31 Desember 2011 bank memberi saya bunga sebesar Rp.3.361, namun mengenakan biaya administrasi sebesar Rp.9.000. Alhasil saldo saya tergerus Rp.5.639. :(

 

2. Tabungan Shar-E dari Bank Muamalat
Pada akhir Desember 2011 saya memiliki saldo sebesar Rp.8.958.425. Pada 30/12/11 bank memberikan bagi hasil senilai Rp.7.726. Yang menggembirakan, tabungan saya tidak dikenakan biaya layanan! :D

Dari googling, saya dapati info bahwa untuk saldo di atas Rp.2 juta, Bank Muamalat memang tidak mengenakan biaya layanan sebesar Rp.7,500. Lumayaan.. Saldo saya dalam sebulan bertambah Rp.7.726. *cring cring cring*

 

3. Tabungan Batara Syariah dari BTN Syariah

Sampai akhir Desember 2011, saya memiliki saldo Rp.3.112.746. Pada 01/01/12, saya mendapat bagi hasil sejumlah Rp.11.439. Tapi dipotong lagi untuk administrasi sebesar Rp.5.000. Berarti saldo saya bertambah Rp.6.439.

***

Memang, masalah potong-memotong saldo ini bukanlah pertimbangan utama kita dalam memilih bank, banyak pertimbangan lain yang lebih penting seperti kemudahan menjangkau kantor cabang, akses ATM, adanya internet banking, referensi tempat kerja dll.

Yang jelas, kalau nggak mau saldo kepotong terus, jangan dikit-dikit dong nabungnya, yang banyak.. :D

♫♪ bang bing bung yuuuk kita nabung ♫♪
♫♪ bang bing bung hei jangan dihitung ♫♪
♫♪ tahu-tahu nanti kita dapat untung ♫♪

Read Full Post »

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,367 other followers